Senin, 09 Januari 2017

Cara Mengatasi Nyeri Sendi

Cara Mengatasi Nyeri Sendi

Nah, berikut ini merupakan 4 jenis radang sendi yang sering di derita banyak orang, yaitu :

Osteoarthritis


Osteoarthritis merupakan selah satu jenis radang sendi yang sering diderita banyak orang, terutama pada seseorang yang berumur lebih dari 60 tahun. Seiring dengan bertambahnya usia, maka kartigo atau tulang rawan yang menjadi bantalan sendi akan mengalami penipisan dan mengakibatkan tulang akan saling bergesekan, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri, kaku dan bahkan bengkak.

Bagi penderita Osteoarthritis yang masih derajat ringan dan sedang, dapat dilakukan penanganan dengan fokus dengan beberapa cara berikut ini. 


Cara penanganannya :

  • Selalu rutin olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh
  • Melakukan kegiatan fisik dengan dibantu alat bantu ortosi
  • Memperkuat otot-otot persendian agar dapat menopang beban tubuh
  • Tetap menjaga berat badan agar tetap ideal
  • Meringankan rasa nyeri dengan mengkonsumsi obat anti-inflamasi, steroid intraartikuar atau juga dapat dilakukan dengan cara mengkompresnya dengan air hangat (untuk melenturkan otot yang tegang) dan air dingin (dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri).
Sedangkan pada kondisi osteoarthritis yang derajat berat, biasanya aktivitas fisik sangat terbatas dan mengalami penurunan dalam kualitas hidup. beberapa cara penanganan diatas hanya dapat membantu meringankan gejala saja, namun biasanya harus dilakukan operasi untuk mengganti persendian. Untuk itu, sebaiknya cegah resiko osteoarthritis dengan rutin berolahraga, menjaga berat badan dan menjaga persendian agar tida melakukan gerakan yang berlebihan.

Rheumatoid Arthritis


Sistem imun di dalam tubuh kita dapat melindungi tubuh dari bahaya dari zat-zat asing yang dapat merusak, terjadinya proses peradangan merupakan bentuk perlawanan terhadap zat-zat asing yang dapat merugikan tersebut. Tetapi pada penderita rheumatoid arthritis, bentuk perlawanan dengan proses peradangan tidak terjadi pada tempatnya melainkan dapat menyerang persendian dan menyebabkan terjadinya peradangan pada persendian, sehingga hal ini dapat memicu erosi dan juga kerusakan pada beberapa organ tubuh yang lainnya. hal ini dikenal dengan proses autoimun dan diyakini bahwa hal ini disebabkaan oleh karena kombinasi antara faktor genetik dan juga faktor lingkungan sekitar seperti memiliki kebiasaan buruk merokok.
 
Penanganan yang dapat dilakukan pada kasus autoimun ini, pasien perlu melakukan pendeteksian secara dini dan menjalankan terapi yang agresif untuk mencegah terjadinya kerusakan yang samakin parah. Untuk penanganannya sendiri dapat dilakukan dengan golongan obat seperti antiinflamasi non-steroid, Disease-Modifying Antirheumatic Drugs (DMARD) dan fisioterapi atau juga dapat dilakukan penangan lebih lanjut dengan dilakukan operasi dengan cara memperbaiki deformitas atau dilakukan perubahan bentuk yang sedang terjadi. klikk >> Obat Radang Usus Besar Di Apotik

Septic Arthritis


Septic Arthritis merupakan suatu peradangan pada persendian yang disebabkan oleh karena bagian tubuh tertentu yang terinfeksi oleh kuman, lalu kuman tersebut masuk kedalam peredaran darah dan kemudian menyerang persendian. Pada umumnya, gejala ini dapat terjadi pada suatu jaringan di dalam tubuh yang sebelumnya telah mengalami kerusakan. Berikut ini merupakan beberapa organisme yang dapat memicu terjadinya infeksi seperti bakteri salmonella, shigella dan staphylococcus aureus (bakteri yang disebabkan oleh keracunan dan kontaminasi pada makanan), gonorrhea dan Chlamydia (bakteri ini disebabkan oleh penularan penyakit seksual) dan juga virus hepatitis B dan C.

Untuk mencagah terjadinya perkembangan pada organ-organ tubuh lainnya dapat dilakukan penanganan dengan pemberian obat antibiotik, drainase sendi atau aspirasi caira sendi yang terkena infeksi. klikk >> Obat Tukak Lambung Di Apotik

Arthritis Pirai (Gout)/ Asam Urat


Purin merupakan sebuah substansi alami yang dapat ditemukan dalam sel tubuh dan di sebabkan oleh makanan. Purin tersebut dapat berperan dalam struktur kimia gen di dalam tubuh yang terdapat pada mahluk hidup. kemudian purin yang terdapat di dalam tubuh tersebut dapat terpecah dan berubah menjadi kadar asam urat. Tubuh yang memiliki kadar asam urat berlebih dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu :

Tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan


Terjadinya gangguan pada proses pengeluaran kadar asam urat di dalam tubuh.
Kemudian asam urat tersebut dapat terjadi penumpukan yang dapat terjadi pengkristalan asam urat pada persendian, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada saat menggerakan persendian. Jika kadar asam urat tidak kunjung di turunkan, maka dapat menyebabkan penyakit kronik dan bahkan pasien dapat mengalami kecacatan.


Untuk penanganannya sendiri dapat dilakukan dengan cara menormalkan kembali kadar asam urat didalam tubuh dengan mengkonsumsi obat dalam golongan penghambat xantin oksidase (allopurinol) atau dapat mengkonsumsi obat urikosurik. Sedangkan untuk meringankan rasa nyeri pada persendian dapat mengkonsumsi obat antiinflamasi non-steroid dan juga melakukan diet rendah purin.

Nah, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 4 jenis radang sendi dan cara penanganannya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan semoga anda semua selalu dalam keadaan sehat. klikk >> Obat Nyeri sendi di Apotik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar